08 April 2010

Sesuai Kemampuan

Semahal apapun sepatu akan tetap diinjak dan semurah apapun kopiah akan tetap dipakai dikepala. Lalu apakah kopiah derajatnya lebih tinggi dari sepatu? Ya tidaklah, bukan begitu artinya, sepatu dan kopiah mempunyai fungsi masing-masing sehingga tidak ada yang lebih tinggi derajatnya satu sama lain. Juga jika dipakai tidak pada tempatnya, sepatu dipakai dikepala dan kopiah dipakai dikaki, akan aneh jadinya dan tidak akan berfungsi.

Begitu juga manusia, mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, dan akan berfungsi dengan baik jika ditempatkan sesuai dengan keahliannya masing-masing. Jika ditempatkan tidak sesuai dengan kemampuannya, akan menyebabkan tidak maksimalnya suatu pekerjaan diselesaikan.

Banyak manusia yang bekerja tidak sesuai dengan kemampuannya, dengan berbagai alasan misalnya karena tidak ada pekerjaan lain sehingga terpaksa bekerja disana, atau karena penghasilan yang lebih besar sehingga memaksakan diri bekerja disana, dan ini memang yang paling banyak terjadi di Indonesia. Akibatnya banyak terdengar kurangnya profesionalitas pegawai Indonesia, mutunya rendah, kurang rajin, tidak kreatif dan banyak terdengar salah urus dalam perusahaan atau instansi pemerintah.

Penghargaan pada suatu profesi harus selalu ditingkatkan, jangan ada pembedaan profesi yang terlalu jauh sehingga menjadikan orang pilih-pilih pekerjaan walaupun tidak sesuai kemampuannya, kalau kerja disana gajinya kecil, kalau kerja disana gajinya besar. Perbedaan pasti ada tapi harus diusahakan jangan terlalu jauh.
Karena masing-masing profesi itu saling melengkapi.

Jika usaha ini berjalan dengan baik maka orang akan mau bekerja sesuai dengan kemampuannya dan ini berdampak baik bagi pembangunan di Indonesia tercinta ini.

Pekerjaan yang mulai tidak diminati generasi muda kita adalah petani, jarang anak muda mau menjadi petani karena ia menyaksikan sendiri betapa sulitnya hidup seorang petani. Mau bercocok tanam harus beli bibit yang harganya makin mahal, setelah itu harus beli pupuk yang harganya juga terus naik, setelah panen kadang harga dipasaran sangat rendah sehingga banyak petani yang rugi dan hidupnya terlilit utang, bahkan ada yang membiarkan tanamannya membusuk dari pada harus memanennya.

Dan yang paling banyak diminati sekarang ini adalah menjadi anggota DPR baik di daerah sampai tingkat pusat. Orang banyak meminatinya dengan segala cara, tanpa peduli ia mampu atau tidak.

1 komentar: