10 April 2010

Mari Bicara

Bicara dengan baik dan benar akan menjadikan hubungan seseorang dengan orang-orang disekelilingnya menjadi baik, begitu pula sebaliknya.

Dengan bicara kita bisa membahas banyak masalah dan menyelesaikannya. Dengan bicara kita bisa berbagi kebahagiaan. Dengan bicara kita bisa meringankan beban dihati.

Dalam keluarga, bicara satu sama lain sangatlah penting karena dalam keluarga sebaiknya jangan ada yang dirahasiakan, sebaiknya semua dibicarakan karena dengan demikian keluarga akan menjadi terbuka dan semua masalah akan ditanggung bersama.

Suami sebaiknya tahu masalah si istri dan sebaliknya, sehingga tidak terjadi miskomunikasi, kesalahpahaman karena kita tidak tahu masalah yang dihadapi pasangan kita. Orang tua sebaiknya tahu masalah yang dihadapi anak-anaknya, begitu pula sebaliknya. Itu semua akan dapat dilakukan dengan berbicara satu sama lain, biasakan setiap anggota keluarga saling bicara satu sama lain.

Keterampilan berbicara di Indonesia kurang dikembangkan di sekolah-sekolah sehingga rata-rata orang kita kurang bisa berkomunikasi dengan baik, ini berdampak buruknya fungsi humas di seluruh instansi pemerintah di Indonesia. Jika harus berdebat, terlihat jelas etikanya tidak muncul dan pengendalian emosi yang sangat lemah.

Kembali lagi pada keluarga, seorang suami tidak boleh merahasiakan hal-hal yang seharusnya diketahui istri, begitu pula sebaliknya. Misalnya seorang suami mempunyai utang, maka istri harus mengetahui hal tersebut dan sebaliknya, jangan dirahasiakan karena suatu saat hal itu akan diketahui juga oleh suami atau istri yang akan menyebabkan pertengkaran. Oleh karena itu mari bicara.

1 komentar:

  1. budaya bicara beretika mencerminkan kultur manusia terdidik dan beradab. Guru harus mampu bicara baik, benar dan beretika. Let's talk...setuju

    BalasHapus