31 Maret 2010

Borong Pelajaran

Aku perhatikan beberapa tahun ini, ternyata banyak siswaku yang bisa berprestasi baik di bangku kuliahnya, dan beberapa orang diantaranya adalah siswa yang kurang berprestasi di bangku SMA.

Aku berpikir mengapa hal itu dapat terjadi, dan salah satu hasil pemikiranku adalah faktor minat siswa terhadap pelajaran. Sangat pantas siswa dapat berprestasi baik jika pelajaran yang dipilihnya adalah pelajaran yang ia minati dan sukai. Berbeda ketika ia di SMA, ia harus mengikuti semua pelajaran yang disodorkan sekolah tanpa bisa menolaknya, padahal dari sekian belas pelajaran itu banyak yang tidak ia sukai, jadi wajar ia tidak berprestasi sewaktu di SMA.

Aku jadi berpikir kenapa sih mata pelajaran di SMA jadi sekian banyaknya, apa tidak bisa dikurangi sehingga siswa dapat mempelajarinya dengan lebih baik lagi. Jangan tiap tahun ditambah lagi dan lagi, karena rame isu pemanasan global maka dititipkanlah mata pelajaran PLH, tidak wajib tapi dianjurkan, kalo terus begitu kasihan siswa didik, karena kemampuan mereka berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar