06 Februari 2010

Waktu Yang Terbuang

Waktu tak pernah berhenti, waktu tak pernah kembali, waktu berjalan maju tak pernah mundur barang sedetikpun. Banyak waktuku yang terbuang tanpa kegiatan yang jelas, banyak waktuku yang terbuang tanpa manfaat.

Sekarang aku sedang menyadari itu, tapi biasanya aku tidak memperhatikannya, biasanya aku tidak mempedulikan apa yang harus kulakukan dengan waktuku. Aku selalu berpikiran orang lain juga begitu kok. Tapi sebenarnya aku salah memilih orang lain itu, masih banyak orang lain yang patut kita contoh karena menggunakan waktunya dengan baik.

Kadang aku malu dengan remaja yang begitu sibuk dengan kegiatan yang aku tahu sangat sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya, kadang aku berpikir para remaja itu punya waktu untuk bermain? Untuk belajar? Ternyata mainnya mereka adalah berinteraksi dengan teman-temannya dalam kegiatan, dan ternyata juga mereka biasanya adalah remaja yang punya banyak prestasi.

Kadang aku merasa sayang jika mengingat waktuku yang terbuang, belum lagi ditambah waktu tidur yang mungkin saja berlebihan. Waktu tidur saja kalau rata-rata 6 jam satu hari maka minimal aku telah menghabiskan waktu 10 tahun hanya untuk tidur.

Kadang aku ingat lagu yang diambil dari Hadits, ... Ingat lima perkara sebelum lima perkara ... Lapang sebelum sempit ... Sehat sebelum sakit ... Muda sebelum tua ...
Kaya sebelum miskin ... Hidup sebelum mati.

1 komentar:

  1. kurang tidur sama tidak baiknya dengan tidur berlebihan, benar adanya durasi tidur yg baik dlm 24 jam sekitar 6-6,5jam, dan biar ga terbuang percuma, tidurnya harus berkualitas. Wasting, spending or using time?!

    BalasHapus