22 November 2009

PUZZLE

Bermain acak gambar adalah permainan yang sedang disenangi si ade sekarang-sekarang ini apalagi banyak variasi gambar yang ditawarkan oleh sofware permainan itu.

Tertatih-tatih ia mencoba untuk menyusun gambar yang sudah diacak, memang sulit dilakukan oleh anak seusianya bahkan oleh kakaknya sekalipun, tapi ia selalu berusaha untuk menyusunnya dengan penuh kesabaran, ia terlihat mencoba untuk mengerti gambar yang harus disusunnya, walaupun pada akhirnya ia lebih banyak menyerah.

Kehidupan kitapun seperti menyusun acak gambar, satu per satu gambar kita dapatkan untuk kita tempelkan pada album besar kehidupan kita.

Kadang kita sulit untuk mendapatkan potongan gambar dari suatu permasalahan sehingga hampir-hampir kita menyerah dibuatnya.

Tapi dilain waktu kita begitu mudah untuk mendapatkan potongan gambar yang kita inginkan.

19 November 2009

Mana Yang Benar?

Setiap hari kita disuguhi perdebatan-perdebatan tentang hukum dan lain-lain, dan pihak-pihak yang berdebat selalu memandang persoalan yang sama dalam sudut pandang yang berbeda, yang menurutku itukan masalah hukum yang sudah jelas pasal-pasalnya, ayat-ayatnya dan buku-bukunya. Tetapi apa yang aku saksikan berbeda dengan anggapanku, ternyata walaupun dari bidang ilmu yang sama ternyata masih saja berbeda.

Mana yang benar? Itulah pokok masalahnya. Jika sudah tahu mana yang benar, barulah dapat ditentukan hukum apa yang harus dijatuhkan. Kita sebagai penonton dan pendengar rasanya sudah tidak sabar lagi menunggu keputusan. Tapi rasanya kita harus lebih bersabar, karena masalah-masalah sekarang ini begitu kompleks.

Sebagai masyarakat kita menginginkan keadilan yang seadil-adilnya, karena ini juga merupakan bagian dari kepentingan kita, bagaimana tidak kasus-kasus tersebut langsung maupun tidak langsung berdampak pada masyarakat. Masyarakat akan merasakan akibat kasus-kasus seperti korupsi, penyuapan, pemutar balikan fakta, pemfitnahan dlsb dalam kehidupannya sehari-hari. Jika kasus-kasus seperti ini tidak dapat diselesaikan dengan baik sekarang ini, maka akan banyak lagi kasus-kasus yang lain akan menyusul.

Kita menginginkan pejabat-pejabat yang berwenang yang nota bene adalah para pemimpin kita mau bersikap jujur dan menjunjung kebenaran, sehingga benar-benar menjadi panutan bagi masyarakat dan menjadikan masyarakat kita tenang dan damai.

Memegang teguh kebenaran sekarang ini ibarat menggenggam bara api.