30 Juli 2009

Teman

Akan sulit mendefinisikan arti seorang teman, tiap orang punya pendapat yang berbeda tentang teman. Orang akan merasakan siapa itu teman dari perasaannya sendiri, bagaimana kriteria seorang teman dari sudut pandangnya sendiri. Apakah teman adalah setiap orang yang bersama kita? Apakah teman adalah orang yang bersama kita dalam suka ? Ataukah teman adalah orang yang tetap bersama kita dalam kesusahan?

Sadar atau tidak sadar, teman merupakan bagian penting dari hidup kita. Teman merupakan bagian dari cerita keberhasilan dan kegagalan kita dalam mencapai apa yang kita inginkan. Banyak cerita keberhasilan karena teman, juga banyak cerita kegagalan dan kehancuran karena teman. Banyak orang yang bangkit karena teman, banyak juga yang justru terjun menuju kehancuran karena teman.

Kita kadang menilai seseorang dari teman bergaulnya, walaupun cara seperti ini tidak selalu benar tapi begitulah yang berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari, orang sering berkata ”pantas kalau dia berlaku begitu, lihat saja teman-temannya”. Oleh karena itu kita harus berhati-hati memilih teman, dalam arti teman dalam pergaulan sehari-hari, walaupun kita tetap harus mengenal banyak orang. Tidak selalu yang kita kenal adalah teman pergaulan kita, jadi tidak salah jika orang menilai kita dari teman pergaulan kita, teman dijadikan cermin untuk mengenal kita.

Pertemanan baik akan membawa kebaikan dan pertemanan jelek akan membawa kejelekan bagi kita. Normalnya kita tentu akan memilih pertemanan baik karena baik untuk kita, tapi jangan lupa bahwa pertemanan ini harus membawa kebaikan juga bagi orang yang berteman dengan kita. Jadi jangan hanya menuntut mempunyai teman yang baik, tetapi kitapun harus baik.

2 komentar:

  1. Pertemanan baik akan membawa kebaikan dan pertemanan jelek akan membawa kejelekan bagi kita. Normalnya kita tentu akan memilih pertemanan baik karena baik untuk kita, tapi jangan lupa bahwa pertemanan ini harus membawa kebaikan juga bagi orang yang berteman dengan kita. Jadi jangan hanya menuntut mempunyai teman yang baik, tetapi kitapun harus baik.

    Untuk yang di atas absolutely seratus persen benar bro.

    nice sharing..

    BalasHapus
  2. Ya, berteman dengan tukang minyak wangi, kita akan bau wangi, berteman dengan tukang kambing, kita akan bau kambing, berteman dengan tukang sate, kita akan bau sate. He, intinya semoga kita mendapat teman yang membawa kebaikan. Kadang dari teman yang burukpun kita bisa mendapat kebaikan, bila kita mengambil hikmah dari kehidupanya yang buruk.

    BalasHapus