27 Juli 2009

Anda Puas?

Memuaskan banyak orang dalam hal apapun akan sulit dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang, yang paling mungkin adalah meminimalkan ketidakpuasan itu dengan berusaha memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

Pelayanan harus memegang prinsip adil, yang maksudnya semua orang dianggap penting untuk dilayani sehingga pelayanan kita sama terhadap semua orang, tidak ada yang diistimewakan semua sama. Pelayanan akan mulai tidak memuaskan ketika ada satu atau beberapa orang yang diistimewakan, ini akan memancing yang lain meminta untuk diistimewakan juga.

Pelayanan harus tanggap terhadap permintaan orang lain, segera layani jangan ditunda-tunda, selama permintaan itu wajar tidak dibuat-buat. Harus dibuat skala prioritas apa yang harus didahulukan terutama jika anggaran terbatas.

Masih banyak yang harus dilakukan oleh orang atau kelompok orang yang bertugas dalam hal pelayanan baik dalam kalangan terbatas atau yang lebih luas lagi. Dan kebanyakan kita bertugas untuk melayani baik satu, dua orang atau lebih.

Memahami orang-orang yang kita layani adalah hal yang penting karena dengan demikian kita akan siap untuk kritik ketidakpuasan mereka. Itu selalu terjadi walaupun kita sudah berusaha melayani semaksimal mungkin. Memang sulit memuaskan semua orang.

1 komentar:

  1. Kepuasan, wah sulit ukurannya mas. Tapi paling tidak kepada siapa saja kita memberikan yang terbaik sebisa kita dengan ketulusan dan keikhlasan. Menyangkut kepuasan kita terhadap karya orang lain, kalau saya lebih suka belajar mengambil hikmahnya.

    BalasHapus