25 April 2009

Sepenuh Hati

YANG DIBUAT DENGAN SEPENUH HATI AKAN MENGHASILKAN YANG TERBAIK

Kalimat yang aku dapat ketika sedang istirahat pulang kerja sambil nonton tv, kalimat yang aku dengar dari iklan kecap, pada saat itu aku langsung tersentuh dengan kalimat itu. Kalimat itu membuat pikiranku yang lelah ini melayang pada berbagai kejadian baik yang aku alami maupun yang aku tonton di tv.

Aku berpikir kalaulah setiap orang bekerja dengan sepenuh hati pasti akan menghasilkan yang terbaik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Aku teringat perkataan temanku, ketika mendengarkan syair lagu “ayat-ayat cinta”nya Rossa, ia berkata kalau kita perhatikan kata-kata dalam syair itu biasa-biasa saja, lalu apa yang membuatnya bagus? Pertanyaan yang ia buat lalu dijawabnya sendiri, karena penyanyinya menyanyikan lagu itu dengan sepenuh hati.

Aku teringat pula dengan obrolanku ketika kuliah, aku bertanya pada temanku apa bagusnya lukisan yang dipajang di pameran-pameran sampai-sampai harga jutaan bahkan ratusan juta perak, ia mengatakan bahwa lukisan-lukisan yang mahal itu dibuat dengan sepenuh hati, akan sulit dimengerti oleh orang yang memandangnya dengan mata saja tanpa dengan hati.

Ketika sedang sering-seringnya WS Rendra manggung di Bandung, aku bertanya pada temanku kenapa sih kawan-kawan kita rame-rame nonton pertunjukkannya si Burung Merak itu? Kata temanku, mereka datang kesana ingin mendengarkan “kata hati” si Burung Merak.

Ketika mendengarkan ceramah baik di masjid maupun di sekolah, ada beberapa ceramah yang cukup sederhana tapi mampu membuat hati ini tergerak, kata guru agama temanku pula ajengan itu berceramah dari hatinya sehingga mudah ditangkap oleh hati pendengarnya.

Mungkin semua yang dikerjakan dengan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang terbaik, hasil yang jernih, mudah dirasakan dengan nyaman, enak dilihat dan sangat meneduhkan.


5 komentar:

  1. Setuju Pak.. *Maaf,cuma bisa komen begitu*

    BalasHapus
  2. Sepemuh hati
    Sepenuh rasa
    sepenuh harap
    sepenuh asa
    sepenuh doa
    adalah
    sempurna

    Nice posting ... setuju

    BalasHapus
  3. Ya, sy setuju bahwa segala yang dibuat dengan kesungguhan hati (dengan penuh kejujuran, keikhlasan dan jiwa yang murni) akan menghasilkan yang terbaik. Nice posting. Saya lebih suka kesederhanaan nan menyentuh spt ini, drpd menggunakan kata2 yang ruwet dan kalimat2 bersayap. It's great.

    BalasHapus
  4. Setuju, mas Wawan. Yg dibuat dgn sepenuh hati pasti akan dapat makin menyentuh hati yg menikmatinya. Sepert posting ini...

    BalasHapus
  5. sangat setuju, sepenuh hati, sepenuh perasaan, sepenuh harta. lho kok...

    BalasHapus