10 April 2009

Menyelesaikan Masalah

Setiap orang punya masalah, tugas kita menyelesaikan masalah itu dengan baik sesuai dengan aturan yang semestinya. Orang akan tenang jika dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik, sebaliknya orang akan gelisah jika tidak dapat menyelesaikan masalahnya.

Banyak hal yang menyebabkan orang tidak dapat menyelesaikan masalahnya, salah satunya adalah karena tidak tahu apa penyebab masalah yang dihadapi. Sedangkan hal utama untuk menyelesaikan masalah adalah menemukan penyebab masalah tersebut.

Untuk menemukan penyebab suatu masalah diperlukan introspeksi diri yang tinggi, membuka hati terhadap segala kemungkinan penyebab masalah yang kita hadapi. Mengapa membuka hati kita? Karena penyebab suatu masalah lebih banyak dari diri sendiri dan kebanyakan orang tidak mau terima dengan hal itu dan lebih suka jika menilai orang lain lah yang menyebabkan masalah pada dirinya.

Setelah menemukan penyebabnya barulah kita melangkah untuk menyelesaikan masalah. Itupun harus dengan hati yang tenang, tidak terburu-buru dan dengan keyakinan bahwa dirinya dapat menyelesaikan masalah tersebut. Dan yang penting lagi jangan menyelesaikan masalah dengan menghasilkan masalah yang lain.

Ego merupakan penyebab masalah yang utama dalam diri kita. Ego menyebabkan kita tidak menghargai pendapat orang lain, walaupun pendapat tersebut baik, kita akan memakai pendapat kita sendiri. Sehingga ketika kita salah mengambil suatu keputusan dalam menyelesaikan masalah maka kita akan mendapat masalah baru yang mungkin saja lebih besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar