02 Maret 2009

PILIH SIAPA

Sebentar lagi kita akan segera melakukan pemilu pada 9 april yang akan datang. Sama seperti pemilu yang sudah-sudah, sampai saat ini saya masih bingung siapa yang akan saya pilih besok, lalu apa alasannya.



Sepanjang perjalanan kawali-bandung tak putus-putusnya bermacam spanduk, bendera, pamflet, dan sebagainya yang memuat foto, janji, bujukan dll untuk mencontreng nomor miliknya. Spanduk dan teman-temannya itu ditempelkan dimana saja, pokoknya dimana ada tempat kosong disitu pasti ditempel spanduk dkk. Tidak ada pohon yang lolos dari spanduk, untuk sementara ini cinta lingkungan hidup boleh ditinggalkan, demi menempelkan gambar partai dan foto caleg.

Dari ratusan wajah yang dipasang di jalan-jalan sedikit sekali yang kita kenal, itu juga karena memang mereka para pejabat dan para artis. Memang susah juga memperkenalkan caleg pada masyarakat, karena biayanya mahal, kalau dibukukan pastinya akan sangat tebal dan itu akan mahal. Jika dibukukanpun belum tentu para caleg itu memberikan data yang akurat, karena tidak semua caleg mempunyai data yang membanggakan, ada pengangguran, ada yang punya ijasah palsu, dll.

Jadi kalau sudah begitu, bagaimana kita harus memilih caleg, yang pasti kebanyakan kita akan memilih orang-orang yang tidak kita kenal, masih seperti pemilu-pemilu yang lalu membeli kucing dalam karung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar