20 Februari 2009

TEGUH PENDIRIAN

Sebagai manusia kita harus punya pendirian yang kuat, yang kita jadikan sebagai pegangan dalam mengarungi hidup ini. Pendirian inilah yang dinilai oleh orang lain. Orang disebut teguh pendirian jika ia mempunyai pendapat yang tidak mudah berubah, dan disebut orang yang tidak mempunyai pendirian jika ia mudah sekali merubah pendapatnya, bahkan mudah sekali dipengaruhi oleh pendapat orang lain.

Pendirian seseorang berkembang sesuai dengan tingkat kedewasaannya, dipengaruhi oleh lingkungan pergaulannya, dipengaruhi pula oleh tingkat pendidikannya. Sehingga kadang pendirian seseorang akan berubah sesuai dengan kedewasaannya dalam mencerna keadaan lingkungannya dan pendidikannya, sehingga orang yang teguh pendirian sekalipun dapat berubah pendapatnya tentang sesuatu, hanya saja perubahan itu tidaklah drastis dan tiba-tiba, tetapi berproses secara wajar, dan kearah yang lebih baik.

Orang yang teguh pendiriannya belum tentu mempunyai pendapat yang baik. Biasanya orang akan sangat terpengaruh oleh orang yang teguh pendirian, oleh karena itu akan sangat berbahaya jika orang yang teguh pendiriannya adalah orang yang tidak baik dan membawa orang lain ke arah yang tidak baik pula.

Orang baik yang teguh pendirian adalah orang yang sangat diharapkan ada ditengah-tengah masyarakat, hanya saja sangat sedikit orang yang demikian. Wibawa orang seperti ini akan sangat positif bagi kebaikan masyarakat kita yang sekarang ini sedang sakit karena banyak mengidap berbagai penyakit masyarakat.

Menjadikan diri kita mempunyai pendirian yang merupakan tugas masing-masing individu. Karena dari individu-individu inilah nantinya akan terbentuk keluarga, lingkungan masyarakat yang baik pula. Tugas kita sendirilah untuk menjadikan diri kita dan keluarga kita baik, jujur, pintar, mempunyai pendirian yang teguh.

2 komentar: