28 Februari 2009

SAMPAH DI INDONESIA

Sampah merupakan masalah disemua negara di dunia, sampah ada yang mudah terurai ada juga yang sulit terurai sehingga berpotensi menimbulkan pencemaran tanah dan air, yang tentunya akan bermasalah dengan kesehatan lingkungan di sekitarnya dalam jangka waktu yang panjang.

Sampah yang dibuang di sungai akan berpotensi menyumbat aliran sungai, dan berakibat aliran sungai akan terhambat jika datang hujan, sehingga akan meluap dan menyebabkan banjir. Sekarang ini sudah terbukti, dihampir semua kota besar di Indonesia. Jakarta akan tampak aneh jika dimusim hujan tidak banjir.

Orang Indonesia termasuk orang yang tidak peduli dimana ia membuang sampah, dan yang menjadi sasaran untuk membuang sampah diantaranya adalah sungai, karena dianggap murah dan tidak mengganggu orang yang membuang sampah karena sampah akan mengalir dibawa arus air. Kalau kita mau jujur, orang-orang yang peduli dengan kebersihan sekalipun secara tidak langsung ia membuang sampah ke sungai, ia menyuruh pembantunya untuk mengumpulkan sampah ditempat sampah, lalu dibungkus plastik dan menyuruh sopirnya untuk membuang sampah, si sopir biasanya ambil cara yang gampang, buang sampah di kali.

Kalau ada kegiatan yang melibatkan banyak orang biasanya sampah akan berserakan dimana-mana, itulah Indonesia. Kalau ada upacara 17 agustusan di lapangan, lapangan yang tadinya bersih setelah bubaran lapangan akan dihiasi oleh sampah macam-macam cangkang makanan, itulah Indonesia. Kalau kita nonton demo mahasiswa di tv, setelah bubar maka akan terlihat sampah cangkang makanan dan minuman yang berserakan, itulah Indonesia.

Jadi kapan Indonesia akan bersih? Indonesia akan bersih jika sudah ada kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya kebersihan dan kemauan keras untuk itu, seperti pengadaan tempat-tempat sampah di berbagai tempat ( sekarang ini masih jarang tempat sampah di tempat umum ), pengadaan tempat membuang sampah bagi masyarakat yang nantinya akan dimusnahkan menggunakan mesin pemusnah, pendidikan kebersihan praktis bagi masyarakat dll.

1 komentar:

  1. bila berkenan sebagai masukan dipersilahkan buka teknologitpa.blogspot.com juga buka pemusnah sampah dlanggu,suatu inovasi pemusnah sampah alat sederhana praktis menghasilkan.

    BalasHapus