27 Februari 2009

KESETIAAN

Kesetian merupakan kisah yang sangat indah untuk diceritakan pada siapa saja. Kisah kesetiaan seorang istri pada suami dan keluarganya juga kesetiaan suami pada istri dan keluarganya adalah kisah yang sangat banyak dapat kita lihat di lingkungan disekeliling kita. Dijaman sekarang ini masih banyak kisah kesetiaan istri pada suami dan keluarganya tercinta, dan masih akan terus banyak dijaman-jaman lainnya.

Kesetiaan adalah kisah yang sulit dimengerti oleh sebagian orang, kadang kita tidak habis pikir bagaimana seorang istri bisa kuat menemani suaminya yang sakit-sakitan, bagaimana seorang istri bisa kuat mendampingi suaminya dalam keadaan yang serba kekurangan, serba sulit. Kita tidak habis pikir bagaimana bisa seorang istri mau mendampingi suaminya yang gampang marah, main pukul, main gampar dan main tendang.

Begitu kuatkah seorang wanita sehingga bisa melakukan itu semua dalam waktu yang lama, bahkan sangat lama bahkan sampai akhir hayatnya? Apa yang bisa membuat seorang wanita bisa begitu tangguh dalam menjalani hal ini? Mungkin jawabnya adalah cinta dan kasih sayang.

Cinta dan kasih sayang seorang wanita bisa membuatnya menjadi sosok yang sangat kuat, sangat tangguh dalam mendampingi suami dan kelurganya tercinta. Rasa itu bisa membuat seorang wanita yang tampak lemah dapat melakukan hal-hal diluar dugaan kita, demi suami dan keluarganya. Banyak kita lihat seorang istri ikut membantu suaminya dalam mencari nafkah untuk keluarganya, bahkan banyak yang mengambil alih tugas suaminya dalam mencari nafkah untuk keluarganya karena berbagai alasan, mungkin suaminya di-phk, sakit dlsb.

Cinta dan kasih sayang menjadikan seorang wanita begitu setia pada suami dan keluarganya, dengan itu seorang istri akan menjaga harkat dan martabat dirinya, suaminya, dan keluarganya. Ia akan melakukan itu semua dengan sekuat tenaga, dan segenap kemampuannya. Dengan cinta dan kasih sayang, seorang istri tidak akan mengkhianati suaminya, tidak akan mengkhianati kepercayaan yang diberikan suami padanya, ia akan menjaga kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.

Cinta dan kasih sayang membuat seorang wanita, seorang istri kuat untuk mengurus dan membesarkan anak-anaknya. Ia akan menjaga anak-anaknya itu sebaik mungkin. Anak sebagai buah cinta dengan suaminya akan ia jaga sebagai sebuah amanah dari suaminya, akan ia pelihara dengan sebaik-baiknya sebagai tanda kesetiaannya pada suami.

Cinta dan kasih sayang akan terus menghiasi kisah-kisah diseputar kesetiaan. Kesetiaan yang begitu indah untuk diceritakan, begitu mengharukan untuk didengar, begitu menginspirasi kita untuk mengerti bahwa dalam hidup ini ada yang harus kita perjuangkan.

(Tulisan sederhana ini saya tujukan untuk ibu, istri, dan anakku, juga untuk wanita-wanita setia yang penuh cinta dan kasih sayang).

2 komentar: