14 Februari 2009

BEKERJA

Bekerja bagi seorang manusia adalah suatu kehormatan besar. Bagi sebagian orang bekerja adalah lambang sebagai manusia yang diakui keberadaannya, dibutuhkan oleh orang lain, dan merupakan sesuatu yang berharga yang dapat meningkatkan harkat dan martabat sebagai seorang manusia. Tapi pada sebagian kecil orang bekerja merupakan perbuatan yang sangat memberatkan, membebani, sehingga ia akan sangat malas untuk bekerja, ia selalu membuat berbagai alasan agar ia tidak bekerja, dibuat pembenaran dalam hatinya sehingga tidak bekerja baginya bukanlah sesuatu yang memalukan.

Jaman sekarang ini memang mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan bukanlah sesuatu yang mudah untuk diraih, tetapi bukan juga sesuatu yang mustahil. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seseorang tetapi tidak dikerjakannya, sehingga ia memilih untuk menganggur daripada bekerja dengan alasan tidak sesuai dengan keinginannya, tidak sesuai dengan pendidikannya, tidak sesuai dengan martabat keluarganya dan banyak lagi alasan.

Sebenarnya ada saja pekerjaan yang dapat kita kerjakan untuk mendapatkan penghasilan, sehingga kita tidak menjadi pengangguran, hanya saja mungkin pekerjaan itu merupakan hal kecil yang tidak sesuai dengan keinginan kita, tetapi kalau kita kerjakan juga sebenarnya bukan merupakan aib, dan kalau kita pernah membaca tentang orang-orang yang sukses, banyak diantara mereka memulainya dari hal-hal kecil yang dianggap remeh.

Banyak kita mendapat pelajaran bagaimana seseorang diremehkan karena mau melakukan pekerjaan yang dianggap kecil dan remeh, tetapi betapa terkejutnya dunia ketika dari hal kecil itu orang tersebut dapat melakukan sesuatu yang besar sehingga banyak pula yang akhirnya menjadi pesaing bahkan dapat mengalahkan orang yang mengejeknya. Baca kisah tentang pendiri youtube, google dll.

Bekerja merupakan kehormatan bagi manusia oleh karena itu kita harus selalu bekerja dalam segala situasi dan kondisi, bagaimanapun beratnya keadaan, walaupun sekecil apapun pekerjaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar