24 Januari 2009

KEHENDAK

Semua orang punya kehendak. Ingin kehendak itu diwujudkan dan dilaksanakan oleh orang lain, ingin kehendaknya diikuti oleh orang lain, ingin kehendaknya dituruti oleh orang lain.

Hampir semua orang lupa bahwa orang lainpun punya kehendak, yang sama-sama ingin diwujudkan, dilaksanakan, diikuti dan dituruti oleh orang lain.
Sedikit sekali orang yang menyadari bahwa selain dirinya sendiri yang punya kehendak, orang lainpun punya kehendak, dan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan semua kehendak tersebut dengan meminimalkan benturan-benturan yang mungkin terjadi.

Sedikit orang inilah yang berpotensi memimpin suatu kelompok yang pastinya punya banyak kehendak di dalamnya. Sedikit orang inilah yang diperlukan untuk memajukan suatu kelompok, atau institusi atau apalah namanya. Sedikit orang inilah yang kita cari untuk menjembatani banyak kehendak.

Hanya saja dari sedikit orang ini, hanya sebagian kecil saja yang dapat menerima kritik secara positif dari orang-orang yang tidak puas karena kehendaknya tidak terlaksana sepenuhnya.

Dan akhirnya kembali pada kita sendiri (apakah dalam bermasyarakat, berorganisasi, atau apalah namanya), apakah kita akan memaksakan kehendak diri sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar